Pages

Rabu, 16 Juni 2010

Problem Gerakan Mahasiswa

Problem Mendasar Mahasiswa

1. Kurangnya infrastruktur pendidikan, terutama Universitas-universitas untuk mampu secara massal menampung seluruh rakyat sebagai peserta didiknya.

2. Kapitalisme di bidang pendidikan (BHMN/Swastanisasi, program yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar (seperti Link & Match), penutupan jurusan-jurusan yang dianggap tidak menghasilkan profit, dll).

3. Hal ini menyebabkan konsep pendidikan, sistem pendidikan, kurikulum pendidikan, dan pelembagaan dari sistem pendidikan tinggi tidak mampu memberi sumbangan yang signifikan bagi pembangunan masyarakat Indonesia yang produktif, modern, ilmiah, dan massal. Kalangan perguruan tinggi gagal melahirkan dan menjawab konsep industrialisasi nasional yang mendorong kemandirian bangsa ditengah ekspansi negeri-negeri imperialis.

4. Tata-hubungan kelembagaan dalam kampus yang tidak demokratis, dimana kedudukan lembaga/majelis/dewan mahasiswa yang tidak setara dengan birokrasi kampus. Hal ini juga mengakibatkan mahasiswa hanya sebagai pelengkap penderita dari sistem yang tidak adil: kesewenang-wenangan dalam kebijakan SPP, iuran, materi kuliah, dll.

Problem Gerakan Mahasiswa Mendasar :

1. Ketiadaan Orientasi yang Strategis dalam membangun demokrasi kerakyatan (Ideologi)

2. Ketiadaan Kepemimpinan Politik di Kampus-Kampus yang mampu melibatkan mahasiswa secara luas untuk berempati pada persoalan kerakyatan dan atau bersolidaritas dalam perjuangannya.

3. Kurang meluasnya struktur gerakan mahasiswa progresif di kampus-kampus.

4. Peranan historis kampus sebagai panggung perjuangan mulai memudar. Sehingga aktifitas-aktifitas politik di kampus intensitasnya jauh menurun jika dibandingkan dengan periode gerakan mahasiswa dalam menjatuhkan kediktatoran Orde Baru.

5 Ketiadaan Persatuan Gerakan Mahasiswa yang strategis dalam membangun demokrasi kerakyatan.
Salam oposisi

1 komentar:

Fraksi Rakyat [Suara Pembebasan] The Power Of Civil Society mengatakan...

Bangkit melawan atau diam tergilas oleh roda sejarah