Pages

Rabu, 16 Juni 2010

AGAMA IBRAHIM

Bagiku agamaku, bagimu agamamu.
Bagiku amalanku, bagimu amalanmu.


3. Ingatlah, hanya kepunyaan Tuhan-lah agama yang bersih. Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Tuhan: "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Tuhan dengan sedekat- dekatnya." Sesungguhnya Tuhan akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Tuhan tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar. (Az Zumar)

113. Dan orang-orang Yahudi berkata: "Orang-orang Nasrani itu tidak mempunyai suatu pegangan", dan orang-orang Nasrani berkata: "Orang-orang Yahudi tidak mempunyai sesuatu pegangan," padahal mereka membaca Al Kitab. DEMIKIAN PULA ORANG-ORANG YANG TIDAK MENGETAHUI, MENGATAKAN SEPERTI UCAPAN MEREKA ITU. Maka Tuhan akan mengadili diantara mereka pada hari Kiamat, tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya. (Al Baqarah)

28. Patutkah Kami menganggap orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah Kami menganggap orang-orang yang memelihara diri dari siksaan sama dengan orang-orang yang berbuat keluar dari ketaatan? (Shaad)

29. Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran ORANG-ORANG YANG MEMPUNYAI FIKIRAN. (Shaad)

131. Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: "Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab: "Aku tunduk patuh kepada TUHAN SEMESTA ALAM". (Al Baqarah)

AJARAN:
1. Tidak mempersekutukan Tuhan semesta alam dengan "NAMA" apapun.
2. Ibrahim adalah bapak/imam bagi SELURUH UMAT MANUSIA.
3. Orang yang mengikuti Isa adalah diatas orang-orang yang ingkar(kafir) kepada ayat-ayat Tuhan HINGGA HARI KIAMAT.
4. Beriman kepada Al Kitab (Taurat dan Injil) dan Al Hikmah(Al Qur'an).
5. Tidak membeda-bedakan seorangpun diantara Nabi-nabi.

136. Katakanlah : "Kami beriman kepada Tuhan dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Al Baqarah)

TUJUAN :
Mempersaudarakan Agama-agama Samawi Di Akhir Zaman.

48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Tuhan turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Tuhan menghendaki, NISCAYA KAMU DIJADIKAN-Nya SATU UMAT, tetapi Tuhan hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Tuhan-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu, (Al Maa'idah)

213. Manusia itu adalah umat yang satu, maka Tuhan mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Tuhan menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Tuhan memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Tuhan selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (Al Baqarah)

73. Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Tuhan sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah yang disembah. (Al Hajj)

43. Apakah orang-orang kafirmu lebih baik dari mereka itu? atau apakah kamu telah mempunyai jaminan kebebasan dalam Kitab-kitab yang dahulu? (Al Qamar)

44. Atau apakah mereka mengatakan: "Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang."? (Al Qamar)

45. Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang. (Al Qamar)

46. Sebenarnya hari kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit. (Al Qamar)

IBRAHIM SEBAGAI IMAM:

124. Dan , ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat, lalu Ibrahim Tuhan. Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu IMAM BAGI SELURUH MANUSIA". Ibrahim berkata: "dari keturunanku". Tuhan berfirman: "Janji-Ku tidak mengenai orang yang zalim". (Al Baqarah)

120. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Tuhan dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan,(An Nahl)

ISA TENTANG PENGETAHUAN HARI KIAMAT:

55. ketika Tuhan berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir HINGGA HARI KIAMAT. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya." (Ali 'Imran)

159. Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka. (An Nisaa')

61. Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus. (Az Zukhruf)

61. Siapa yang membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu, maka katakanlah: "Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Tuhan dan kita minta supaya la'nat Tuhan ditimpakan kepada orang-orang yang dusta. (Ali 'Imran)


BERIMAN KEPADA AL-KITAB (Taurat dan Injil) DAN AL-HIKMAH (Al Qur'an) :

31. Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat: dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu melainkan untuk jadi cobaan bagi orang-orang kafir, supaya orang-orang yang diberi Al-Kitab menjadi yakin dan supaya orang yang beriman bertambah imannya dan supaya orang-orang yang diberi Al Kitab dan orng-orang mukmin itu tidak ragu-ragu dan supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir : "Apakah yang dikehendaki Tuhan dengan bilangan ini sebagai suatu perumpamaan?" Demikianlah Tuhan membiarkan sesat orang-orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri. Dan Saqar itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia. (Al Muddatstsir)

46. Dan Kami iringkan jejak mereka dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya petunjuk dan dan cahaya, dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang memelihara diri dari siksaan. (Al Maa'idah)

47. Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Tuhan didalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Tuhan, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik. (Al Maa'idah)

23. Dan Sesungguhnya Kami telah berikan kepada Musa Al-Kitab, maka janganlah kamu ragu menerima dan Kami jadikan Al-Kitab itu petunjuk bagi kaum Israel. (As Sajdah)

176. Yang demikian itu adalah karena Tuhan telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh. (Al Baqarah)

47. Dan demikian Kami turunkan kepadamu Al Kitab. Maka orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka Al Kitab mereka beriman kepadanya; dan di antara mereka ada yang beriman kepadanya. Dan tiadalah yang mengingkari ayat-ayat kami selain orang-orang kafir. (Al 'Ankabuut)

17. Apakah orang-orang yang ada mempunyai bukti yang nyata dari Tuhannya, dan diikuti pula oleh seorang saksi dari Tuhan dan sebelum Al Quran itu telah ada Kitab Musa yang menjadi pedoman dan rahmat? Mereka itu beriman kepada Al Quran. Dan barangsiapa di antara mereka dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al Quran, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya, karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al Quran itu. Sesungguhnya itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman. (Huud)

37. Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Tuhan; akan tetapi membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, dari Tuhan semesta alam. (Yunus)

114. Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Tuhan, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu. (Al An'aam)

44. Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya petunjuk dan cahaya, yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Tuhan, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Tuhan dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Tuhan, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. (Al Maa'idah)


AGAMA IBRAHIM:

125. Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Tuhan, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Tuhan mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya. (An Nisaa')

130. Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. (Al Baqarah)

135. Dan mereka berkata: "Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk". Katakanlah : "Tidak, melainkan agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia dari golongan orang mempersekutukan Tuhan-Nya". (Al Baqarah)

140. ataukah kamu mengatakan bahwa Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?" Katakanlah: "Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Tuhan, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Tuhan yang ada padanya?" Dan Tuhan sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (Al Baqarah)

13. Dia telah menunjukan jalan lurus bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Tuhan menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada-Nya orang yang kembali. (Asy Syuura)

78. Dan berjuanglah kamu pada jalan Tuhan dengan berjuang yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. agama orang tuamu Ibrahim. Dia telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan dalam ini, supaya Utusan itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah memberi dan berpeganglah kamu pada tali Tuhan. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. (Al Hajj)

161. Katakanlah: "Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang mempersekutukan Tuhan-Nya." (Al An'aam)

123. Kemudian Kami wahyukan kepadamu : "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. (An Nahl)

95. Katakanlah: "Benarlah Tuhan." Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan-Nya. (Ali 'Imran)

38. Dan aku pengikut agama bapak-bapakku yaitu Ibrahim, Ishak dan Ya'qub. Tiadalah patut bagi kami mempersekutukan sesuatu apapun dengan Tuhan. Yang demikian itu adalah dari karunia Tuhan kepada kami dan kepada manusia ; tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukuri. (

Tidak ada komentar: